Home » , , , , » Peluang Bisnis Usaha Jualan Pakaian Anak dan Bayi 2014

Peluang Bisnis Usaha Jualan Pakaian Anak dan Bayi 2014


Bermula dari sebuah Group BBM (Blackberry Messenger) dan iseng menjual pakakain khusus anak dan bayi, seorang ibu rumah tangga ini bisa melayani kurang lebih 300 transaksi dalam sebulan dan ini baru awal percobaan saja dia memanfaatkan peluang usaha menjual pakaian bayi dan anak menjelang tahun 2014 kemaren.
Cukup menarik untuk disimak cerita dari seorang kawan beberapa hari yang lalu dimana seorang ibu tersebut adalah sebelumny awanita karir dan memutuskan untuk istirahat sejenak dari pekerjaan rutinnya dikarenakan memiliki momongan baru /bayi yang baru berusia beberapa bulan. Ketika hari-harinya di isi dengan kekosongan hanya merawat bayi saja mungkin dia jenuh juga karena sebelumnya adia adalah seorang wanita karir sekarang sudah tidak lagi bekerja dan hanya fokus merawat sang buah hati saja.

Bermula dari situlah kreativitas dia ini muncul, ketika dia juga mengalamai kesulitan dalam membeli pakaian anak dan bayi secara online, kenapa dia tidak menjualnya saja? selagi ada chanel dan sumber yang bisa diambil produk pakaian anak tersebut. Nah peluang bisnis ini tidak dia sia-siakan dan mulai menawarkan ke gorup kecil-kecilan di BBM  (karena teman dia juga banyak di BBM) terjualah sedikit dem sedikit pakaian anak dan bayi yang dia jual dan tidka dirasa ternyata cukup laris juga.

Cerita tersebutlah yang diceritakan suami dari ibu rumah tangga tersebut kepada saya dan saya rasa cocok untuk dijadikan inspirasi buat para pembaca blog nekatusaha. Selagi kita bisa cerdik kreatif dalam memanfaatkan peluang usaha apapun di sekitar kita maka insyaAllah akan ada jalan dan juga bisnis yang bisa kita jalani dan tentunya menghasilkan profit.

Bisnis usaha menjual pakaian anak dan bayi menurut saya tergolong salah satu ide bisnis yang cukup menarik dan bagus prospeknya. Pakain bayi insyaAllah akan selalu dibutuhkan oelh banyak orang, seiring meningkatnya pertumbuhan penduduk tentu saja pakaian bayi dan anak sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita. Tinggal kita cerdik saja dalam menangkap kesempatan dan peluang bisnis ini apalagi di tahun 2014 diperkirakan pertumbuhan belanja online akan meningkat cukup pesat. Sebaiknya hal ini tidak kita sia-siakan. Lalu bagaimana memulainya? apakah Anda bingung? tentu saja bagi sebagian orang memulai sebuah bisnis usaha adalah hal yang sulit, namun bagi sebagian kalangan tidak terlalu sulit. Okay, coba saya sampaikan sedikit tips saja untuk memulai dan memasarkan usaha bisnis menjual pakaian bayi dan anak ini khususnya di tahun 2014.

TEMUKAN PRODUSEN PAKAIAN BAYI DAN ANAK
 Sumber gambar : Republika 
 
Mau tidak mau ketika kita akan memanfaatkan peuang usaha bisnis jual pakiaan anak ini maka kita harus menemukan produsen atau sumber dari pembuat atau penjual pakain anak dan bayi yang harganya jelas harga grosir dan sangat miring. Anda bisa menuju ke pusat industri konveksi di kota Anda atau di luar kota lainnya, silahkan browsing secara online dan mencari harga grosir dari produk tersebut. Ketika kita sudah menemukan produsen yang tepat bukantidak mungkin kita akan bekerjasama dalam jangka waktu yang lama dengan mereka. Kualitas dan harga yang bagus menjadi salah satu penunjang keberhasilan bisnis jual beli pakaian anak dan bayi ini.

BANDINGKAN HARGA

Dalam berbisnis tentu saja kita ada kompetitor diluar sana. Apalagi untuk usaha bisnis pakaian ini tentu para kompetitor sudah sangat banyak dan Anda harus bersaing dengan mereka. Cari tahu berap sih harga yang mereka jual untuk produk sejenis, nah ini juga berkaitan dengan  penentuan dalam mencair produsen di awal tadi, ketika kita sudah bisa menaikan harga dan masih bisa bersaing dengan kompetitor maka kita bisa lebih mudah untuk berjualan secara online dengan kompetitor.

MANFATAKAN CHANEL MARKETING


Diperkirakan tahhun 2014 social media dan content marketing menjadi salah satu chanel penjualan yang akan tumbuh pesat. Anda juga harus bisa memanfaatkan kesempatan ini. Peluang usaha dan binsis yang sedang Anda jalani tersebut harus dipasarkan dengan cukup efektif sebisa mungkin kita efektif dalam pengeluaran anggaran pemasaran produk yang sedang kita jual. Memanfatakan social media seperti  facebook, Twiter, Google plus dan beberapa forum jual beli yang ada akan cukup memabantu kita dalam menjual produk ini secara online. Silahkan perbanyak teman dan bikin fanspage di social media (jangan terlalu spaming dikit-dikit naruh link jualan disana, akan sangat mengganggu dan tidak nyaman). Selain itu Anda sebaiknya memiliki sebuah blog/website dan menaruh semua photo produk pakaaian yang sedang Anda jual. Promosikan website etrsebut melalui social media forum dan chanel online lainnya. Sebaiknya Anda memanfaatkan SEO (search Engine Optimization/Pengoptimalan Mesin Pencari) misalnya Google supaya ketika orang mencari produk pakaian yang Anda jual maka website yang Anda bikin akan ada di halaman pertama dan mudah ditemukan konsumen. Untuk SEO silahkan kontak penulis jika ingin berdiskusi lebih lanjut.

SIMPAN SEMUA DATABASE KONSUMEN
Terkadang kita sebagai penjual lupa dan mengabaikan bahwa returning buyer (pembeli yang membeli lagi) bisa terjadi dan sebaiknya semua data konsumen Anda simpan baik-baik entah itu email ataupun BBM, No Telp supaya anda bisa menghubungi mereka untuk melakukan promosi diskon dan lain sebagainya. Dalam sebulan sekali Anda bisa menawarkan produk baru kepada konsumen yang pernah membeli di website Anda, dan bukan tidak mungkin mereka akan tertarik dan membelinya lagi. Dalam jangka panjang Anda bisa membuka reseller untuk para konsumen yang ingin menjualkan pakaian Anda, sistem dropship bisa Anda jalankan disini.

Itulah sedikit penjelasan singkat bagaiman peluang usaha bisnis jualan pakaian bayi dan anak cukup prospek dan juga bagaiman cara memasarkan secara sederhana supaya barang yang kita jual bisa lancar dan tentu saja harapan kita meraih profit yang cukup bagus InsyaAllah :). Silahkan dicona jika Anda memang tertarik dengan bisnis usaha ini dan semoga SUKSES !

0 comments: