Home » , , » Melirik Ide Peluang Usaha Tahun 2013

Melirik Ide Peluang Usaha Tahun 2013

Sudah mulai merencanakan sebuah bisnis usaha setelah tahun ini berakhir? apakah sudah menemukan ide-ide peluang usaha di tahun 2013? Jika Anda belum menemukannya, marilah kita bahas sedikit beberapa ide bisnis yang bisa kita ambil di tahun depan.

Mumpung ini masih akhir tahun, dan secara psikologis kadang orang itu ingin membuka sesuatu yang baru misalnya bisnis di awal tahun supaya terasa lebih fresh dan segar dan mudah dalam mengevaluasinya (tapi tidak semua orang seperti ini). Tidak apalah, terlepas dari perencanaan yang sudah disiapkan di tahun ini atau bahkan belum ada ide usaha sama sekali, satu hal yang perlu kita perhatikan dlaam menangkap kesempatan bisnis yaitu sebuah peluang yang terkadang ada disekitar kita namun tidak bisa kita manfaatkan atau bahkan tidak kita sadari sama sekali.

Sebuah bisnis usaha dari tahun ke tahun sebenarnya sama saja menurut saya, tidak banyak yang berubah, hanya saja bagaimana pintar-pintar kita dalam menangkap sebuah ide peluang usaha yang kadang hadir secara tiba-tiba atau sudah ada didekat kita. Mulai saat ini marilah kita mulai memilah dan merinci kira-kira apa saya yang bisa kita lakukan di tahun 2013 nanti, entah itu usaha yang bermodal besar atau kecil bahkan minim modal. Akan saya ulas sedikit mengenai peluang bisnis yang bisa kita ambil, diantaranya yaitu:
  1. Usaha cuci motor dan cuci helm. Nah untuk ide bisnis yang satu ini sebenernya beberapa tahun terakhir ini sudah mulai marak namun, dalam beberapa tahun kedepan saya rasa usaha bisnis jenis ini masih akan tetap bagus pangsa pasarnya mengingat jumlah pemilik kendaraan bermotor terus bertambah dari hari ke hari, tentu saja helmnya juga dong, dimana ada motor disitu ada helm. Kesempatan bisnis ini bisa Anda manfaatkan, silahkan caril lokasi yang strategis, modal juga harus Anda siapkan, selain alat seperti kompresir dan pompa air juga tempat/lokasi yang harus anda siapkan bujet untuk itu. Namun bagaimana jika kita tidak memiliki modal yang cukup utuk membeli peralatan dan menyewa tempat yang strategis tersebut, tentu saja anda bisa menggandeng investor dalam memulai bisnis ini. Rencanakan dengan cukup matang sehngga investor bisa yakin dengan rencana/business plan Anda nantinya. Pada prinsipnya bisnis ini saya rasa akan terus berkembang dalam beberapa tahun kedepan.
  2. Peluang Usaha Broker Properti. Untuk yang satu ini diperlukan kemampuan dan daya juang yang lebih, dalam artian kreatifitas dan jiwa pantang menyerah dalam mendapatkan konsumen maupun klien developer/pengembang perumahan harus selalu dalam level yang cukup bagus. Bagaimana menjalankan usaha ini? Sebelum kesitu perlu kita ketahui bahwa dewasa ini properti sungguh luar biasa perkembangannya sangat pesat luar biasa, dan mumpung lagi berkembang maka kita dapat menangkap peluang bisnis disini, yaitu dengan menjadi broker properti. Ada dua jenis broker disini menurut saya dalam sistem pemasarannya. Ada yang mengandalkan 100% full online marketing, ada yang kombinasi antara online dan offline. Keduanya cukup bagus, tinggal bagaimana bujet dan kerja team Anda dalam memaintenance sistem marketing tersebut. Anda harus bekerjasama dengan beberapa developer perumahan untuk bisa bekerjasama dengan mereka dan menawarkan produk mereka ke konsumen, tentu saja komisi minimal 2.5% bisa Anda dapatkan. Saya sendiri juga sudah melakukannya lho, cek saja ketika Anda mengetikkan  kata “Jual Villa di Bali” atau “Jual Rumah di Bali” maka website ebaliproperty.com yang ada dihalaman pertama itu punya saya :) tertarik? kenapa bisa di halaman 1 Google? dan dengan dihalaman 1 tersebut maka Anda akan mempunyai marketing online 24 jam dalam sehari 7 hari dalam seminggu dan seterusnya, Nah itulah strategi marketing online dalam memanfaatkan bisnis broker properti yang saya jalankan. Masih kurang informasinya? ingin lebih detail? bisa order ebook yang juga saya sediakan jika memang informasi ini masih kurang. Silahkan kunjungi ke halaman eBook untuk informasi lebih detail.
  3. Bisnis Sandang, Pangan, dan Papan. Sebuah usaha yang berhubungan dengan tiga usaha ini sandang (pakaian), pangan, (makanan/kuliner) dan papan (rumah/tempat tinggal) tentu saja menjadi salah satu usaha yang seakan tidak ada matinya. Dimana-mana banyak yang membutuhkan ketiga hal tersebut. Silahkan Anda lebih kreatif menyikapi kesempatan bisnis usaha dari ketiganya itu. Kadang memang terkendala modal, dan jika Anda kreatif maka modal akan bisa didapat darimana saja (100% harus halal lho ya) sehingga bukan menjadi halangan utama dalam merintis sebuah bisnis dimasa yang akan datang khususnya di tahun 2013.
Sebenarnya masih banyak ide-ide peluang usaha di tahun depan yang bisa kita ambil, namun karena keterbatasan waktu maka hanya tiga hal tersebut yang sementara bisa saya ulas. Mungkin masih banyak kekurangan dan koreksi dari ketiga kesempatan bisnis yang saya coba tulis, namun setidaknya ketiganya bisa menjadi gambaran atau referensi bagi Anda yang memang berniat membuka bisnis dan usaha baru di tahun 2013.

Sebagai catatan akhir dari artikel ini bahwa sebuah bisnis baru tentunya membutuhkan sebuah strategi marketing yang cukup bagus dan handal. Dengan berada di halaman pertama mesin pencari Google maka Anda akan memiliki marketing online otomatis 24 jam sehari dan setidaknya memberikan kesempatan bisnis Anda akan dilihat serta dikunjungi oleh konsumen lebih cepat. Untuk tips dasar dan strategi online marketing jenis ini juga saya ulas lebih detail di eBook Strategi Peluang Usaha yang kami sediakan.

Terima Kasih

5 comments: