Home » , » Mencoba Bisnis Pangkas, Potong, Cukur Rambut Istimewa

Mencoba Bisnis Pangkas, Potong, Cukur Rambut Istimewa

 sumber gambar : tempo

Apakah Anda sedang mencari bisnis pangkas rambut atau biasa disebut cukur atau potong rambut? Jika iya melalui artikel ini kami mencoba membahas sedikit megenai bisnis yang satu ini. Sebelum membahas lebih jauh lagi perlu kita ketahui bahwa jika kita ingin memanfaatkan sebuah bisnis usaha sebaiknya mencari sebuah ide bisnis usaha yang memang marketnya atau pasarnya selalu tumbuh dan berkembang seolah-olah tiada habisnya.
Nah, pangkas atau cukur rambut ini merupakan sebuah bisis yang bisa dibilang masuk dalam kategori tersebut. Bagaimana bisa? ya bisa dong, cukur rambut ibarat sebuah kebutuhan bagi semua orang mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua, walaupun secara berkala yang namanya potong rambut itu selalu berkelanjutan. Jadi kesimpulannya ini merupakan sebuah bisnis yang cukup prospek untuk saat ini dan dimasa yang akan datang. InsyaAllah.

Lalu apa saja yang perlu diketahui sebelum kita membuka usaha bisnis pangkas rambut ini? Beberapa hal yang perlu Anda ketahui adalah faktor-faktor komponen pembantu/perantara kesuksesan dari bisnis ini. Semua memang sudah dijatah sama yang diatas, tapi dengan berdoa dan berusaha kreatif dan menyiapkan strategi yang cukup bagus maka bisnis ini insyaAllah bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang lumayan. Anda sebagai karyawan pun bisa menjadikan bisnis ini sebagai bisnis sampingan disaat sepulang dari kantor, apalagi jam-jam sibuk orang pangkas rambut rata-rata adalah setelah jam pulang kerja. Jadi jika Anda sebagai karyawan yang ingin membuka bisnis sampingan maka pangkas rambut ini menjadi salah satu yang perlu dipertimbangkan.

Okay langsung saja apa saja sih yang harus dipersiapakan sebelum memulai bisnsi pangkas rambut ini?.
  • Tempat Usaha. Sebaiknya tempat usaha untuk pangkas rambut adalah di pinggir jalan dimana jalan tersebut dilalui kendaraan bermotor atau mobil sedang, jangan memilih di jalan ringroad yg dilalui bis luar kota dan juga truk. Menentukan lokasi adalah salah satu hal terpenting dari bisnis pangkas rambut. Cari lokasi yang sekiranya konsumen mudah parkir sehingga pas mau berhentipun juga mudah dan tidak repot. Hal ini akan cukup membantu kelancaran dari bisnis usaha pangkas rambut ini.
  • Peralatan Pangkas Rambut. Ada yang harus Ada persiapakan yaitu berbagai peralatan penunjang dari bisnis ini yaitu alat cukur, kursi, kaca depan belakang, meja rias, penjepit handuk dan lainnya harus Anda siapkan sebaik mungkin. Untuk harga dari semua alat yang dibutuhkan silahkan Anda cari informasi di toko-toko terdekat dengan Anda karena harga bisa sewaktu-waktu berubah.
  • Tentukan Harga Yang Istimewa. Nah disini juga menjadi faktor terpenting untuk menggaet pelaangan. Silahkan lihat harga dari kompetitor yang loaksiny amungkin satu kota dengan Anda. Misal mereka harga per sekali potong dewasa adalah 10.000 maka sebaiknya Anda 9.000 saja. Dan buat harga yang lebih murah buat Anak-anak isalnya 5000 saja sekali pangkas rambut. Untuk tahap awal sekaligus survey pasar sebaiknya bisnis pangkas rambut Anda lakukan sendiri dulu saja. Jika ternyata pelanggan sangat banyak dan datang bertubi-tubi maka saatnya Anda mencari pegawai dan harga bisa Anda variasi lagi nanti.
  • Beri Nilai Tambah. Nah disini juga bisa menjadi salah satu faktor terpenting dalam strategi marketing bisnis pangkas rambut yang Anda jalani nantinya. Silahkan Anda buat sistem membership dimana setiap member yang pangkas rambut sebanyak 10 kali maka ada bonus pangaks rambut sekali entah itu untuk mereka sendiri atau keluarga mereka. Aatu bisa bonus pulsa Rp.5000 ke semua operator tergantung operator yang dipakai konsumen (dengan catatan 10x pangkas rambut sudah bisa memberikan subsidi untuk pulsa ini, jika belum bisa maka syarat sebaiknya Anda naikan misal 15x atau 20x sampai bisa mensubsidi pulsa tersebut). Ini akan membuat bisnis pangkas rambut Anda berbeda dengan yang lainnya.
Bisnis pangkas rambut tidak banyak teorinya, intiny aya cuma itu-itu saja. Namun bagaimana bila Anda tidak bisa? ya mau tidak mau Anda harus mencari pegawai untuk menjadi juru pangkasnya, karena tidak mudah juga jika Anda melakukan sendiri dan ternyata Anda tidak berani dan tidak bisa. Tapi dengan belajar insyaAllah Andapun juga akan bisa. Jadi bagaimana? apakah Anda ingin mencoba bisnis pangkas rambut ini? Smeoga berhasil ya
 

0 comments: