Home » , , » Peluang Usaha Jasa Bengkel Motor di Area Kampus

Peluang Usaha Jasa Bengkel Motor di Area Kampus


Apa Anda sedang mencari sebuah peluang usaha di area kampus? atau anda sedang kepikiran ingin membuka bisnis bengkel motor? modal kecil? mungkin dengan artikel ini bisa menjadi referensi dan juga inspirasi bagaimana membuka bengkel dan metode pemasarannya khususnya di area kampus.

Bermula beberapa hari yang lalu ketika team penulis pergi bersama teman dan berboncengan dengan mengendarai sebuah sepeda motor di area seturan Yogyakarta. Disitu ada banyak kampus seperti UPN, STIE YKPN, AMIKOM, UII dan beberapa kampus lainnya. Ternyata daerah disitu sudah sangat padat dengan berbagai jenis usaha mulai dari makanan/kuline hingga bengkel sepeda motor. Nah disini kita bicara mengenai bengkel sepeda motor tersebut. Disitu teman kami mampir untuk mengganti aki motornya dan juga kampas rem di salah satu bengkel di daerah tersebut. Disaat sedang menunggu motor diperbaiki ternyat ada beberapa mahasiswa yang datang dan pergi untuk servis di bengkel itu ada yang ganti aki, ganti kampas rem dan lainnya. Melihat hal ini bisa kami perkirakan bahwa market dari bengkel ini adalah mahasiswa-mahasiswi yang kuliah membwawa kendaraan sepeda motor. Jelas sebuah peluang usaha yang cukup bagus.

Lalu bagaimana jika kita juga ingin membuka bengkel serupa? berapa modal yang diperlukan? Jika anda memiliki modal yang cukup banyak tentu saja anda bisa membeli banyak sparepart dan juga asesoris misal aku, ban, kampas, rantai motor dan semua perlengkapan motor lainnya. Namun disini kita akan coba berbicara mengenai peluang usaha dan bisnis bengkel sepeda motor dengan modal yang tidak banyak namun lokasi strategis yaitu di daerah kampus.  Lalu bagaimana strateginya?

Setidaknya untuk memulainya adalah anda membuka bengkel khusus ganti oli dan juga beberapa sparepart seperti kampas rem dan juga ban atau aki. Jika tiak memiliki modal sendiri maka anda harus menggandeng seorang investor atau pemodal yang bisa di ajak kerjasama. Namun modal utama anda adalah sebuah tempat yang strategis dimana pemodal juga akan melihat ini sebuah peluang bisnis yang cukup prospek kedepan nantinya mengingat lokasi kampus adalah salah satupangsa pasar yang cukup baik. Jika anda tidak bisa menangani sendiri maka anda harus menggaji dua orang karyawan yang bisa menghandle pekerjaan yang ada di bengkel anda tersebut. Untuk tahap awal memang tidak usah terlalu banyak, kita lihat perkembangannya. Begitu maju dan terlihat trend positif maka bisa kita tambah modal entah itu finansial atau tenaga kerja.

Di area kampus permasalahan yang sering di alami sepeda motor paling hanya ingin ganti oli dan servis rutin saja (membersihkan arburator dan juga saringan udara) kami rasa ini bukanlah pekerjaan yang sulit. Namun memang harus anda tuliskan juga di bengkel anda tersebut misalnya bengkel khusus ganti oli, tambalban, ganti aki atau lainnya supaya jika ada kerusakan motor yang cukup rumit tidak akan dibawa ke bengkel anda yang akhirnya anda juga tidak bisa menanganinya.

Untuk strategi marketing bisa anda terapkan juga metode seperti peluang usaha lainnya yang ada di artikel lain di blog ini. Dengan memberi nilai tambah pada bisnis ini maka konsumen akan menjadi pelanggan yang setia yang akan memberikan repeat order kepada anda dalam waktu tertentu. Sistem member dan bonus pulsa misalnya bisa menjadi nilai tambah yang cukup menarik. (baca di beberapa artikel yg mengupas tentang bonus pulsa ini).

Selian itu tempat yang nyaman dan juga ada hiburan supaya yang menunggu tidak jenuh bisa menjadi nilai tambah (misal ada hotspot) atau TV dan koran yang bisa dibaca konsumen ketika menunggu motor mereka diperbaiki. Intinya nilai tambah pada sebuah usaha khususnys bengkel motor apalagi di daerah kampus yang mayoritas anak muda, akan menjadi sesuatu yang penting.

Mungkin sedikit saja mengenai gambaran peluang bisnis usaha bengkel di area kampus, semoga bisa menjadi referensi walau hanya sedikit saja.  Ohya jika ingin membaca 5 ide peluang bisnis menarik di sekitar kampus bisa dibaca DISINI Terima Kasih.


0 comments: