Home » , , , » 4 Jenis Peluang Usaha di Bulan Puasa Ramadhan

4 Jenis Peluang Usaha di Bulan Puasa Ramadhan



Tanggal 2 juli 2013 artikel ini di tulis dan kami mencoba mengulas beberapa jenis peluang usaha yang bisa dilakukan di bulan puasa ramadhan. Semoga tulisan ini nanti bisa memberi warna dan sumber referensi bagi pembaca yang memang sedang mencari sebuah bisnis usaha yang bisa dilakukan di bulan puasa.

Sudah banyak yang mengetahui bahwa bulan ramadhan/puasa adalah bulan yang dimana kebutuhan keluarga biasanya meningkat entah itu belanja kuliner maupun busana untuk persiapan lebaran dan juga bebenah rumah supaya tampak lebih bagus dibanding bulan-bulan sebelumnya. Kondisi semacam ini biasanya berulang dari tahun ke tahun dan apabila kita cerdik dan tanggap untuk menangkap peluang usaha yang ada di bulan puasa ramadhan tersebut maka insyaAllah kita bisa meraif profit yang cukup lumayan.


Ada beberapa peluang bisnis usaha yang bisa diambil di bulan ramadhan entah itu dari kebutuhan pokok maoun kebutuhan sampingan sebuah keluarga mari kita coba breakdown apa saja sih jenis usaha yang bisa kita ambil di bulan puasa ini.
  • Jualan Makanan Minuman Untuk Berbuka Puasa. Jenis usaha ini memang sudah menjadi langganan tahunan bagi banyak orang yang sudah pernah membuka bisnis kuliner tersebut. Kebutuhan akan makanan atau minuman menjelang berbuka puasa biasanya semakin meningkat di banding hari-hari biasa di bulan biasa. Bulan ramadhan biasanya banyak keluaraga yang ingin mencari menu santap buka puasa yang lebih bervariasi. Nah dengan hal ini maka kita bisa memanfaatkan kesempatan untuk membuka usaha khususnya menu makanan dan minuman untuk buka puasa. Jenis hidangannya sangat beragam mulai dari sayuran hingga minuman es buah atau kolak, saya rasa anda bisa menentukan mana yang akan anda sajikan. peluang usaha yang satu ini malah hemat tempat menurut saya, bisanya dioinggir jalanpun akan banyak orang yang akan menghampiri, silahkan survey tempat yang strategis sehingga barang dagangan anda bisa dilihat banyak orang yang berlalu lalang dijalan tersebut.
  • Catering Makanan Untuk Sahur dan Berbuka Puasa.  Usaha catering khusus di bulan puasa juga merupakan sebuah peluang bisnis yang cukup bagus dan unik. Anda bisa memberikan jasa catering ke beberapa anak kos, karyawan, atau bahkan rumahan tergantung market yang akan anda sasar nanti siapa saja. Penulis sendiri pernah merasakan sewaktu menjadi anak kos, bahwa catering makanan untuk sahur atau berbuka puasa ternyata membuat lebih mudah daripada saya harus setiap saat pergi ke warung untuk mengantri berbuka atau sahur. Terkadang kondisi seperti ini juga banyak ditemui di masyarakat kita maka dari itu bisnis ini cukup menarik dan memiliki peluang yang cukup bagus menurut saya.
  • Kue Camilan atau Kue Lebaran. Dibulan puasa biasanya camilan entah itu kue atau makanan ringan biasanya juga terhidang di meja keluarga, setelah berbuka atau bahkan setelah melakukan ibadah sholat tarawih kue camilan menjadi salah satu menu favorit yang bisa disantap di sela-sela aktivitas keluarga. Selain itu kue lebaran juga menjadi sebuah bisnis yang cukup menarik karena dihari lebaran nanti banyak keluarga yang memang membutuhkan hidangan kue lebaran. Ini sebuah kesempatan bagi anda jika ingin membuka bisnis usaha di bulan ramadhan dan hari lebaran. Apabila anda tidak bisa mmbuat sendiri maka silahkan belanja di tempat grosir makanan ringan atau kue kering camilan dan bisa anda kemas sendiri lalu jajakan. Atau anda bisa kerjasama dengan para pembuat kue lebaran dan anda bisa berbagi profit dalam penjualannya.
  • Jualan Busana Muslim dan Peralatan Ibadah. Untuk jenis usaha yang satu ini memang menjadi salah satu peluang usaha yang cukup bagus dan biasanya selalu berulang dati tahun ke tahun. Busana muslim di bulan puasa dan juga hari raya serta perelngkapan ibadah menjadi salah satu kebutuhan yang biasanya dibutuhkan keluarga muslim Indonesia oleh karena itu ini sebuah kesempatan bisnis yang cukup baik dan anda bisa memanfaatkannya. Anda bisa kulakan di pasar grosir misal Tanah Abang atau Pasar Klewer solo dan Beringharjo Jogja atau pasar-pasar grosir lainnya di kota anda. Bisnis pakaian seakan tidak ada habisnya maka anda juga bisa mencoba alternatif ini.
Mungkin empat jenis peluang usaha diatas yang bisa diambil dibulan puasa ramadhan yang bisa kami tulis untuk kali ini intinya kesempatan untuk berbisnis di bulan suci sangat terbuka lebar. Kira harus selalu kreatif dan juga pintar dan cerdik dalam memanfaatkan setiap event, moment yang sekiranya bisa mendatangkan profit seperti di bulan puasa ini. Semoga sedikit tulisan ini bisa menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin memanfaatkan peluang-peluang bisnis di bulan ramadhan. Terima Kasih
 

1 comments:

Luckyman said...

Saya tertarik beriklan di Blognya Mas,,
Mohon info jumlah trafik n tarif ke support@blogafif.com

Trims